Pelatihan Keterampilan untuk Pemberdayaan KPM PKH di Teluk Betung Timur

 


Bandarlampung, Tanggal 19 Juni 2024 menjadi momen berharga bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Teluk Betung Timur (TBT). Dalam suasana penuh semangat, pelatihan keterampilan berbasis pemanfaatan limbah bekas digelar dengan tujuan utama membekali para KPM untuk memulai usaha dan menambah pendapatan keluarga.

Di bawah bimbingan PDP Rini Noviansyah, pelatihan ini berlangsung di RT 002 LK 2 Kelurahan Kota Karang. Peserta diajak untuk belajar membuat pin cushions dari kain perca, sebuah ide kreatif yang mengubah barang tidak terpakai menjadi produk bernilai jual. Rini, dengan penuh antusiasme, berbagi ilmu dan keterampilannya kepada para KPM yang terlihat sangat bersemangat.

"Alhamdulillah, para KPM sangat antusias dalam mempelajari keterampilan ini. Semoga ilmu yang dibagikan hari ini bermanfaat bagi diri sendiri dan dapat dikembangkan sebagai usaha rumahan dalam bidang souvenir," ujar Rini dengan penuh harap.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Korkot 2 Balam dan Korcam Teluk Betung Timur, Lisa. Dalam sambutannya, Lisa menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan keterampilan KPM PKH agar bisa memanfaatkan bahan tidak terpakai menjadi bernilai jual. "Pelatihan seperti ini akan terus dilakukan secara berkesinambungan untuk meningkatkan keterampilan KPM PKH dengan harapan pemberdayaan masyarakat secara mandiri bisa diwujudkan di waktu mendatang," kata Lisa.

Tutik Agusrini, sebagai narasumber pendamping PKH, memberikan panduan praktis dalam pembuatan pin cushions. Dengan sabar dan teliti, Tutik menjelaskan setiap langkah proses kreatif tersebut. Kehadirannya memberikan dorongan motivasi bagi para KPM untuk berkreasi dan melatih keterampilan mereka hingga siap memulai usaha.

"Alhamdulillah, sebuah pelatihan yang memotivasi KPM untuk dapat berkreasi dan melatih keterampilan sampai dengan titik dimana mereka dapat memulai usahanya. Jazakillah Khairan katsiran untuk Ibu Tutik yang bersedia meluangkan waktu dan ilmunya untuk KPM dampingan kami, semoga menjadi rezeki yang terus mengalir pahalanya. Aamiin," ungkap Rini dengan penuh syukur.

Dengan terselenggaranya pelatihan ini, harapan besar tertanam agar KPM PKH di Teluk Betung Timur dapat mengembangkan usaha rumahan dan berkontribusi dalam peningkatan ekonomi keluarga mereka. Langkah kecil ini diharapkan menjadi awal dari perubahan besar yang mandiri dan berkelanjutan.